Selasa, 08 November 2011

UBI JALAR TU MENYEHATKAN



Ubi jalar termasuk tanaman musim dan dapat di ditanam lagi  dengan cara vegetative.  Tanaman ini mengandung banyak karbohidrat  dan kalori yang cukup tinggi yang terdapat pada ubi. Seliain itu juga mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20%.. Ditambah dengan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca). dari kandungan kandungan yang terdapat didalam ubi jalar dapat bermanfaat  bagi kesahatan yaitu:
1.       Ubi jalar sangat kaya akan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, besi dan juga fosfor. Hal ini membuat ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat.
2.       ubi jalar mengandung anti peradangan. Didukung dengan adanya beta karoten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal..
3.       Kandungan vitamin C, besi serta nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronchitis.
4.       Efektif menghentikan ketergantungan pada rokok, minuman serta narkotika tertentu.
5.       Baik bagi kesehatan pembuluh darah vena dan arteri
6.       Ubi jalar berasa manis serta mengandung karbohidrat kompleks disertai vitamin dan mineral yang mudah dicerna. Karena itu, ubi jalar merupakan sumber energi dan efektif untuk membangun otot-otot. Sehingga dapat digunakan untuk menambah berat badan dan membangun otot otot.
Beberapa resep pengobatan dengan ubi jalar
1.       Bisul, 10 g daun ubi jalar yang masih segar ditumbuk sampai lumat lalu ditempelkan pada bisul.
2.       Demam berdarah, satu ikat daun ubi jalar direbus dengan satu liter air, setelah dingin, saring dan minum air rebusan sebagai pengganti air minum kira-kira satu liter setiap hari.
3.       Rabun ayam, setengah kepal ubi jalar merah dicuci bersih dan diparut, campur dengan 3 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring. Minumlah air ramuan yang sudah disaring tersebut 3 x sehari sampai sembuh.
4.       Mabuk perjalanan, ambil ubi jalar secukupnya, cuci bersih, dan makanlah sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.
5.       Diabetes melitus (kencing manis), 100 g ubi jalar, 15 g kulit labu bligo (benincasa hispida), dan 50 g biji alpukat direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 500 cc, saring dan diminum airnya, sedangkan ubinya dimakan.
6.       Sakit tenggorokan, minum air seduhan bubuk ubi jalar putih. Bubuk ini didapatkan dari ubi yang dikeringkan dan ditumbuk hingga halus.
7.       Cacingan dan susah buang air besar, daun ubi jalar dijus lalu diminum. Dapat juga dilakukan dengan merebus daun ubi jalar dan meminumnya.

SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar