Minggu, 20 November 2011

PENGARUH PUPUK ORGANIK TERHADAP SIFAT FISIK KIMIA DAN BOLOGI TANAH



Pupuk organik mempunyai kelebihan untuk memperbaiki tanah, karena kandungan dalam pupuk organik tidak satu macam unsur hara, tetapi mengandung unsure hara dan bahan  yang dibutuhkan oleh mikroorganime untuk hidup, meskipun dalam jumlah sedikit. Kerusakan pada tanah meliputi kerusakan fisik, kimia, atau biologi. Pengaruh yang akan ditimbulkan dengan pupuk organik yaitu:
Pengaruh sifat fisik
Tanah sakit bisa dilihat dengan struktur yang padat keras dan berwarna pucat. Dengan pemupukan organik tanah dapat sehat kembali, karena ada aktifitas mikroorganisme dalam tanah menjadikan tanah jadi gembur. Tanah yang gembur mudah ditembus akar. Ciri-ciri tanah sehat yaitu berstruktur gembur dan berwarna kehitaman segar.
Pengaruh sifat kimia
Kandungan unsur hara tidak satu unsur, tetapi mengandung unsur hara makro, sekunder,  dan mikro, sehingga kandungan kimia di tanah tidak berlebihan satu unsur hara saja, tetapi akan menjadi seimbang.
Pengaruh sifat biologi
 Pemberian pupuk organik membantu aktifitas organisme dalam tanah hidup, karena telah tersedia makanan organisme tersebut. Aktifitas organisme berpengaruh baik pada tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar