Selasa, 08 November 2011

KASIAT BUAH NANAS


Enzim bromelin adalah enzim yang ditemukan dalam buah-buahan tropis seperti pepaya, pisang, mangga dan paling paling banyak terdapat pada nanas segar. Nanas mengandung sebuah enzim yang dikenal sebagai enzim bromelin. Enzim bromelin sangat bermanfaat sebagai obat maupun untuk menjaga kesehatan tubuh.
Enzim bromelin termasuk enzim proteolitik, dirancang untuk mencerna protein selama proses pencernaan.Sehingga  dapat juga membantu dalam pencernaan makanan dan, membersihkan tubuh dari racun, menghentikan pembentukan bekuan darah, dan melawan virus dan perilaku bakteri berbahaya dalam tubuh.
Sifat dan Fungsi Enzime Bromelin
Enzim Bromelin bersifat anti inflamasi yang sangat efektif. Sifat ini berfungsi mempercepat pencernaan protein pada proses pencernaan mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah, membantu fungsi pencernaan dalam tubuh kita karena mampu meningkatkan effektifitas kerja enzim trypsin dan enzim pepsin.
Enzim yang terkandung dalam nanas ini juga dapat membersihkan tubuh dengan mengimbangi kadar keasaman dalam darah. Buah ini juga dapat menaikkan kadar basa darah dan membantu mengurangi penyakit edema (kelebihan cairan dalam tubuh) yang merupakan gejala gagal jantung, gagal ginjal, dan penyakit liver. Serat yang terkandung dalam nanas juga dapat membantu proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung. Bromelain juga membantu proses penyembuhan luka dan pembengkakan tubuh.
Reaksi Enzime Bromealin
Bromelin meningkatkan kerja antibiotik seperti amoksilin, eritromisin, penicilamin, dan penisilin. Bromelin membantu pencernaan dengan meningkatkan kerja enzim pencernaan yaitu tripsin dan pepsin. Bromelin menyembuhkan diare yang disebabkan karena kekurangan enzim pencernaan. Dua zat tersebut dikombinasikan karena saling meningkatkan fungsi antiradang dan bromelin meningkatkan absorbsi quercetin
Bromelin merupakan antikoagulan alami yang bekerja dengan cara memecah protein fibrin pembeku darah. Selain mengencerkan darah, bromelin juga mengencerkan lendir sehingga meringankan penderita asma dan bronkitis kronis. Penelitian menunjukkan bahwa bromelin dapat memicu kerja sel darah putih sehingga meningkatkan sistem imun tubuh.
Kesimpulan
Bromealin terkandung di dalam buah buahan tropis,tetapi paling banyak terdapat pada buah nanas yag segar. Buah nanas mengandung enzim bromelin, enzim ini bersifat anti inflamasi yang dapat mempercepat pencernaan protein dan proses pencernaan protein, selain itu juga dapat mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah,


Enzim bromelin ini mengandung aspartic acid yang cukup tinggi dan komponen utama oligosakarida yang sama terdiri dari d-glukosamin, d-mannose, d-xylose, dan l-fucose dalam rasio 2:2:1:1. Bromelin dapat  membantu pencernaan dengan meningkatkan kerja enzim pencernaan yaitu tripsin dan pepsin. Sehingga enzim bromelin ini bermaanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar